Jalan-jalan di Medan (1)

Saya sudah lama tidak pulang kampung ke Medan, Sumatera Utara. Kalau tidak salah 8 tahun; terakhir kali saat tes seleksi masuk SMA St. Thomas 1 Medan yang tidak jadi saya ambil.

Beberapa tempat yang saya kunjungi sampai hari ini adalah:

Gereja Maria Annai – Velangkanni

Ide bangunannya lucu. Saya ke sini sama bapak dan adik tapi tujuan saya ke sini hanya untuk melihat-lihat saja bagaimana sih gereja yang berbentuk kuil. Hehe…. Gereja ini bukan gereja yang tua, jadi sejarahnya tidak banyak. Oh ya, di gereja ini, kita bisa ambil air minum gratis (boleh menyumbangkan sedikit uang untuk botol yang kita pakai). Konon katanya mata air ini muncul di bawah patung Maria sesaat setelah gereja dibangun. Ini adalah salah satu “mukjizat” yang ada di gereja ini.ย  Di gereja ini ada poster yang menjelaskan tentang “mukjizat” yang terjadi sebelum dan sesudah gereja ini dibangun. Saya tidak terlalu percaya hal-hal semacam ini, tapi ya sudahlah, kepercayaan masing-masing saja.

Berastagi, Gundaling, Saribu Dolok, Sipiso-piso, Tongging

Di Brastagi, semua keluarga dari opung Medan berkumpul. Di perjalanan Medan – Berastagi, kami singgah sebentar di Taman Alam Lumbini, sebuah wihara yang merupakan replika Pagoda Shwedagon di Yangon, Myanmar. Kami ada 6 keluarga dan semuanya menginap di sebuah vila di puncak bukit bernama Gundaling. Di Gundaling bisa naik kuda di pegunungan loh! Kemudian, pada paginya kami pergi berziarah ke kuburan opung doli di Saribu Dolok (saribu = seribu, dolok = gunung). Kuburan ini dijaga oleh adiknya opung doli sendiri di ladangnya. Kami juga mengunjungi rumah opung Jaitani, meskipun saya tidak terlalu mengerti hubungan kekeluargaan dengan opung ini.
Setelah berziarah, kami pergi ke air terjun Sipiso-piso yang ternyata “nempel” dengan Danau Toba. Maksudnya, kamu bisa dapat kedua-duanya sekaligus dari satu tempat. Keduanya bagus! Di air terjun sipiso-piso, kamu bisa turun ke bawah sampai ke dasar air terjunnya. Sekitar 15 menit turun ke bawahnya. Namun, saya tidak turun karena ingin menyambung perjalanan ke Tongging, salah satu desa di Danau Toba. Sayang sekali, perjalanan ke Tongging mengecewakan. Benar kata orang, Danau Toba cuma bagus dari atas saja. Ketika sudah tiba di bawah, desanya jelek sekali, penduduknya kurang ramah, dan tidak banyak yang bisa dilakukan. Pokoknya, saya tidak rekomendasikan.

Oh ya, di perjalanan pulang dari Berastagi, kita akan melewati Sibolangit (terkenal dengan konservasi alamnya dan tentunya AQUA-nya) dan di sana ada pemandian Sembahe. Namun, saya kesal karena penduduknya buang sampah di sungai pemandian tersebut. Mengecewakan sekali pemerintahnya ke mana sih?

Kembali ke Medan

Sekarang saya sudah di Medan lagi, menikmati kota ini dengan bersepedaaaaaa! Sangat menyenangkan. Kadang-kadang kalau ada teman main, saya main badminton di Yafurni. Saya sudah cari-cari orang di internet untuk ajak main, namun sulit sekali. Saya sudah tanya teman dari Medan juga, katanya memang susah. Jadi, ya sudahlah. ๐Ÿ™‚

Tempat yang sudah saya kunjungi selain Gereja Maria Annai-Velangkani adalah Ucok’s Durian. Sebuah restoran yang aneh karena yang membuat dia berjaya adalah stok duriannya yang tak pernah habis. Tidak ada menu selain durian dan olahannya. Hehehe.

Saya juga berencana untuk pergi ke semacam penangkaran buaya yang cukup terkenal di Medan dan beberapa tempat unik lainnya di kota ini. Oh ya, tentunya kota ini makanannya enak-enak. Spesialisasinya selain babi, menurut saya adalah makanan Tiongkok (pecinan) dan juga jajanan kecil di pasar (es krim, kue mayung, dll). Saya sudah ikhlaskan diet saya, nanti bisa turun lagi kok. ๐Ÿ™‚

Saya akan kembali ke Depok hari Sabtu, 9 Januari 2016. Sampai jumpa, Depok tercinta!

DSC_0608

Pemandian Sembahe

IMG_9707

Gereja Annai-Velangkani

IMG_9741

TAL

IMG_9879

Sipiso-piso

IMG_9819

Toba

DSC_0622

Sibolangit

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Jalan-jalan di Medan (1)

  1. Selamat Pagi…
    Mau ke Danau Toba…
    Mau ke Berastagi..
    atau hanya jalan jalan di Medan..
    Butuh sewa mobil di Medan..
    Yuk hubungi ke Medan Star Rent Car
    Murah…
    Mulai dari Rp. 350.000/hari.
    bisa hubungi ke 085262831660/085297000264
    atau buka webnya untuk info lebih lanjut.
    klik http://medanstarrentacar.com/

Leave a Reply

