Todrick, Faggot, dan Hak-hak LGBT

Beberapa hari yang lalu, saya menge-post sebuah video dari YouTube yang saya sangat sukai. Salah satu pekerjaan saya saya sedang bersantai mencari-cari cover lagu-lagu penyanyi favorit saya yaitu Beyonce! Tidak susah untuk mendapatkan video ini karena memang sepertinya sudah populer di antara pengikutnya. Orang ini bernama Todrick Hall.

Menurut pendapat saya, bahkan aransemen medley-nya Todrick adalah yang paling bagus (berdasarkan selera musik saya) dibandingkan beberapa aransemen artis YouTube lainnya, bahkan yang sekelas PTX. Lagipula, cara ia mengombinasikan beberapa bagian dari sekian banyak lagu itu benar-benar mengejutkan. My head just got shouted, “Oh that’s Kitty Kat. Oh, Beautiful Liar! Oh Video Phone… what now? Radio?” Benar-benar amusing! Buat orang yang hafal semua lagu Beyonce, pasti tau seperti apa jeniusnya lagu-lagu Beyonce dengan berbagai genre ini digabungkan.

Meskipun tentunya menge-post ini mungkin akan membuat risih beberapa kalangan, misalnya yang benci dengan effeminate men, tapi tetap saja saya share. Ya, mau gimana, soalnya bagus banget! Ha ha ha.

Biasanya, menge-post hal-hal seperti ini tidak mengakibatkan apa-apa; paling orang-orang cuek saja. Namun, waktu itu, akhirnya ada yang sebuah komentar dari teman Facebook saya (yang saya sudah lupa dia siapa, maaf 🙂 ) dengan mengatakan bahwa yang suka ini pasti faggot.

Melihat komentar ini, saya sebenarnya sedikit upset dan tentunya sakit hati. Namun, tentunya saya tidak takut untuk berdiskusi dengan orang-orang seperti ini. Saya lumayan mengikuti beberapa informasi terkait isu-isu LGBT dan studi ilmiah tentangnya dan tentunya saya akan sangat senang jika bisa bertukar pikiran dengan orang yang memiliki pendapat berbeda dengan saya. Namun, saya sangat menyayangkan karena orang ini tidak memberikan argumen apa-apa tapi hanya mengolok-olok kaum LGBT (dan saya). Yah, selain itu dia me-repost beberapa posting-an saya tentang anak laki-laki dari Filipina yang sempat nge-trend dengan foto-fotonya saat sedang menjadi model baju-baju kreatif tapi kocak. Terus saya jadinya harus menjelaskan di mana bagusnya. Setelah itu, ia tidak membalas apa-apa. Kemudian, saat saya cek hari ini, komentarnya sudah dihapus dari FB sehingga saya tidak sempat menulis meta-discussion tentang olok-olokan ini.

Dugaan saya sih, teman saya ini hanya ingin menyampaikan tentang standar moralnya yang ia ambil dari suatu tempat. Yah, saya juga bingung ia tidak membicarakan moral saja di komentar. Tapi ya sudah, mungkin lain kali.

Cuma, saya ingin sekali suatu saat bisa menulis tulisan terkait isu-isu seperti ini untuk umum. Ini adalah tulisan kedua saya di blog ini yang menyinggung isu ini (yang pertama ada di sini).Menulis tentang hal ini menurut saya cukup sulit, apalagi di negara yang masih menganggap topik ini tabu (bahkan hanya untuk mengatakan bahwa LGBT itu ada, loh!).

Entah benar atau salahnya kodrat LGBT, saya merasa bahwa hak-hak LGBT perlu didukung. Toleransi dan penerimaan terhadap mereka tidak cukup. Mereka adalah bagian dari warga dunia ini dan tentunya ingin memiliki hidup yang bahagia dan ikut berkontribusi di masyrakat seperti yang lain. Toleransi dan penerimaan tidak cukup; hak-hak LGBT perlu didukung. Mengapa sampai perlu mendukung? Karena menurut saya, kita harus sadar, bahwa mereka mendapat perlakuan yang tidak baik baik secara verbal maupun fisikal. Dari cemoohan di kehidupan sehari-hari, sampai dilempar jatuh dari gedung di negara-negara yang menganggap hal tersebut penyakit. Apakah hal itu cukup adil?

Saya tidak ingin saya yang mengambil kesimpulan di tulisan yang mungkin kontroversial ini. Jadi, pertanyaannya saya biarkan terbuka:

Apakah saya cukup tahu tentang LGBT dan mengevaluasi pengetahuan saya tentang mereka secara obyektif? Apakah saya mengenal LGBT secara obyektif di dunia nyata baik di sekitar saya maupun yang di luar jangkauan saya sebelum menghakimi mereka? Apakah saya sadar apa yang terjadi pada mereka? Apakah respon saya terhadap apa yang terjadi pada mereka?

Leave a Reply

