Belajar keadilan dengan kuliah Michael Sandel

Beberapa waktu terakhir, saya meluangkan waktu untuk menonton video-video kuliah dari Harvard tentang yang namanya keadilan atau dalam bahasa Inggris adalah justice. Kuliahnya dapat ditonton di Justice Harvard di mana ada 12 episode yang bisa Anda tonton (pada drop-down menu Watch Episode) dengan durasi satu episode adalah sekitar 55 menit.

Kuliah tersebut membahas konsep keadilan melalui berbagai kasus hipotetis atau yang aktual. Dari berbagai kasus, Michael Sandel akan meminta beberapa peserta kuliahnya memberikan pendapat yang mana mendukung atau mengkritik pandangan terkait kasus tersebut.

Mungkin bagi orang Indonesia yang bersekolah SD di tahun 90-an, istilah-istilah yang digunakan di kuliah ini sudah cukup familiar karena sempat dibahas di pelajaran PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan). Dengan mengikuti kuliah ini, kita akan mengunjungi ulang konsep-konsep yang sudah kita pelajari, namun dengan hubungan-hubungan yang lebih jelas; apakah konsep tersebut sepemahaman atau memiliki perbedaan yang fundamental. Menurut saya, kuliah ini penting untuk didiskusikan ulang mengingat pelajaran PPKn yang sudah kita pelajari mungkin sekarang hanya tinggal kumpulan istilah-istilah moral tanpa kita benar-benar memahami maksudnya. Apa maksudnya adil? Apa maksudnya kepentingan umum? Apa itu hak dan kewajiban? Di kuliah ini, kita akan mendengar kembali istilah-istilah ini, namun dengan diskusi yang cukup alot.

Di waktu depan, saya akan mencoba mengulas dan memberi pendapat terkait beberapa video  kuliah tersebut. Saya mungkin tidak dapat menambahkan banyak hal namun setidaknya saya akan mencoba menulis ulang dengan bahasa dan pemahaman saya sendiri di blog ini. Semoga bermanfaat!

Perhatian: Karena ini adalah kuliah filsafat, ada peringatan bagi Anda yang tertarik untuk mencoba memahami isi kuliah ini. Di antaranya adalah adanya kemungkinan bahwa Anda mempertanyakan ulang hal-hal yang sudah Anda percayai  selama ini (termasuk hal-hal yang terkait dengannya), kemungkinan kita tidak akan menemukan jawaban terkait pertanyaan-pertanyaan tersebut, dan fakta bahwa ilmu-ilmu yang sudah pernah kita terima ini tidak bisa dikembalikan ke ketidaktahuan kita. Peringatan tersebut dapat Anda tonton langsung di video kuliah episode pertama berikut ini.

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s