Institute of Mathematical Sciences (IMS) Graduate Summer School in Logic

Hari ini adalah hari terakhir kuliah musim panas yang diadakan oleh Institute of Mathematical Sciences (IMS), sebuah institut yang merupakan bagian dari National University of Singapore (NUS). Sekolah musim panas ini  tentang Logika Matematika dan diadakan setiap tahun. Untuk tahun ini, ada  tiga topik yang dibahas oleh tiga pembicara berbeda, yaitu:

  1. Prof. Hugh Woodin: Inner models for supercompact cardinals.
  2. Prof. Andrew Marks: Descriptive graph combinatorics.
  3. Prof. Theodore A. Slaman: Recursion theory and diophantine approximation.
Kredit: IMS

Kredit: IMS

Suatu pengalaman yang berharga bisa belajar sangat banyak tentang Mathematical Logic dari profesor dan mahasiswa-mahasiswi S1, S2, S3 di sekolah musim panas ini.

Pendaftaran

Untuk mendaftar, saya perlu mengisi sebuah online form yang ada di halaman info sekolah ini dan mengirimkan Curriculum Vitae. Selain itu IMS menyediakan beasiswa sebesar S$1500 untuk tiga minggu di sekolah ini. Saya mendaftar agar dipertimbangkan untuk mendapatkan beasiswa ini namun perlu mengirimkan 2 surat rekomendasi dari pembimbing skripsi / tesis dan dosen lain yang sudah kenal. Seperti biasa, jika ada kesulitan, pihak administrasi akan membantu kita dalam mengurus aplikasi ini seperti isian yang membuat ragu. Responnya juga sangat cepat sehingga tidak repot dalam mengurus pendaftaran.

Kegiatan

Sekolahnya diadakan selama tiga minggu di Auditorium IMS untuk sesi kuliah pagi dan di Departemen Matematika NUS 04-06 untuk sesi diskusi. Setiap hari Rabu, sesi diskusi digantikan dengan sesi dari mahasiswa yang ingin mempresentasikan pekerjaannya di studi S3-nya.

Kuliah di minggu pertama dari Prof. Woodin sangat suram, saya hanya mengerti kuliah hari pertama. Kuliah sisanya benar-benar hanya mencatat materi saja…. Sesi diskusi pun sangat sepi dan beberapa hari terakhir, ruangan diskusi kosong. Oh ya, kuliahnya juga sangat cepat.

Kuliah di minggu kedua lumayan menarik dan tidak seabstrak minggu pertama karena objek yang dipelajari cukup familiar yaitu graf; namun dengan tak berhingga banyaknya verteks (perhatikan bahwa tak berhingga di sini tidak hanya satu jenis tak berhingga). Saya tertinggal beberapa istilah di belakang-belakang sehingga perlu mempelajari materi kuliahnya.

Kuliah minggu ketiga dari Prof. Ted adalah yang paling menarik untuk saya karena semua istilahnya dijelaskan pelan-pelan beserta intuisi-intuisi untuk membuat definisi dan teorema yang ada. Ini adalah satu-satunya topik yang tidak membuat saya inferior sebagai mahasiswa ilmu komputer haha.

Kegiatan Non-Ilmiah

Di sekolah ini, tentunya saya mendapat beberapa teman baru. Meskipun mereka mahasiswa S3, ternyata obrolannya masih sama saja dengan anak-anak S1. Hehehe. Di hari pertama, saya  berkenalan dengan William Cocke (Wisconsin State University) yang memperkenalkan saya permainan Hanabi, Mingyang Li (PennState Uni) yang menemani saya makan sampai telat, Alexander (Sofia University)  yang selalu bersama Mingyang, juga tiga dari Shanghai Minzhao dan Pengshu (Fudan Uni) dan Qiang (Shanghai Jiaotong). Selain itu, juga bertemu teman yang dulu berkenalan di Selandia Baru yaitu Zhang Jing yang sekarang sedang S3 di Carnegie Mellon. Cukup banyak hal yang saya pelajari dari teman-teman ini baik melalui diskusi-diskusi tentang materi summer school yang kita sama-sama kesulitan dalam memahaminya maupun cerita-cerita tentang matematika, komputasi, filsafat, makanan, hingga rencana hidup. Hahaha.


Mengikuti sekolah ini merupakan suatu kesempatan yang sangat berharga bagi saya karena ada banyak hal yang saya pelajari, khususnya di bidang yang saya senangi ini. Terima kasih, IMS!

Leave a Reply

