Foto “Powerful” dari Humans of New York

Humans of New York (HONY) merupakaan salah satu halaman fanpage favorit saya di Facebook. Kalau saya sedang tidak ada pekerjaan dan punya akses internet, saya buka-buka halaman HONY untuk mengecek apakah ada update atau jika benar-benar butuh  inspiration  juice, saya buka-buka foto dari dua atau tiga tahun yang lalu. Sebagai informasi, yang bagus dan seru di HONY  bukan hanya foto yang dikirimkan, namun juga komentar-komentar yang ada di foto tersebut. Banyak komentar-komentar yang sangat suportif, ada yang lucu, ada yang thought provoking, ada yang reflektif, ada yang mengundang perdebatan, dll.

Tadi malam, HONY mengirimkan satu buah foto dengan caption yang relatif singkat. Caption yang singkat ini sepertinya cukup kontroversial sehingga dalam waktu singkat berpuluhribu komentar dan likes sudah terkumpul. Lebih dari itu, ada sedikit permasalahan karena Facebook menghapus foto ini. HONY mencoba mengirimkan foto ini lagi dan Facebook menghapusnya lagi. Hal ini berlangsung selama beberapa jam.

Saya tidak terlalu paham alasan penghapusan tersebut apakah telah terjadi pelanggaran privacy atau bagaimana karena belum ada penjelasan atau diskusi terkait hal tersebut. Sampai saya mendapatkan informasi atau alasan yang dapat diterima, saya akan ikut membagikan foto ini. Berikut adalah cuplikan berupa screenshot foto tersebut dan komentar-komentarnya.

Selection_026

Orientasi seksual anak

Di  dunia di mana kita berpijak saat ini, orientasi seksual masih merupakan isu yang memecah masyrakat ke dalam beberapa kelompok pendapat. Ada yang berpendapat setiap manusia hanya boleh / tidak apa-apa memiliki orientasi seksual pada manusia lain dengan jenis kelamin yang berbeda / sama. Saya berpendapat yang kedua.

Foto HONY yang satu ini menggambarkan bagaimana seorang anak memiliki ketakutan dengan masa depannya terkait orientasi seksual yang dimilikinya. Hal ini mungkin membuat banyak yang bertanya-tanya. Apakah anak-anak sudah tahu kalau mereka memiliki orientasi seksual yang berbeda? Apakah mereka sudah memikirkan seks sejak kecil?

Selection_029

Ini tentunya adalah pertanyaan yang menarik! Tapi, saya tidak suka menyuapi orang lain dengan informasi-informasi seperti ini karena saya takut informasi ini diterima bulat-bulat tanpa riset dan pemikiran kritis dari orangnya sendiri. Anda dapat mencari sendiri di Google sebanyak mungkin informasi tentang hal ini. Sumbernya boleh saja tulisan akademik, tulisan populer di majalah, blogpost, video, dll, namun perlakukan masing-masing sumber dengan adil. Ingat bahwa pendapat / pendirian Anda seharusnya tidak mempengaruhi kesimpulan Anda. Sebagai petunjuk, seperti komentar J. Carvalho di atas, Anda sepertinya dapat mencari video pengalaman orang tua atau anak yang memiliki gender yang berbeda dengan anak-anak lain pada umumnya.

Cara lain yang mungkin tidak baik  karena bisa bias adalah bertanya pada diri sendiri. Apakah pertama kali Anda menyukai seseorang, Anda tertarik secara seksual? Bagaimanakah ketertarikan Anda ini terkait dengan orientasi seksual yang Anda miliki? Apakah hubungan sebab-akibat? Atau hanya terjadi begitu saja sepanjang pengalaman hidup Anda? Apakah Anda mendapatkan pesan-pesan tertentu dari orang tua / keluarga / teman / media terkait hal ini dan bagaimana pengaruhnya?

Kontroversi

Saya masih ingin mencari tahu alasan Facebook menghapus foto ini berkali-kali. Daripada lelah menduga-duga, sepertinya lebih baik menunggu diskusi lengkapnya di suatu tempat dan akan saya update di sini.

HONY ❤

Seperti  yang saya sampaikan, komentar-komentar di  HONY terkadang juga bisa membuat terharu. Misalnya, beberapa orang yang mengalami hal serupa ikut berkomentar dan menceritakan pengalamannya  secara lebih detail. Atau juga beberapa orang yang langsung memberikan akses ke bantuan ke subjek fotonya. Atau terkadang hanya komentar-komentar lucu. Atau komentarnya hanya memberikan semangat yang setara dengan “God Bless You” tapi versi sekuler. Amen.

Selection_027

Ada juga komentar abu-abu seperti ini yang mungkin bisa menimbulkan salah interpretasi (tidak seperti yang ia maksud) atau memang komentarnya untuk beberapa orang tidak cukup “sensitif” terhadap masalah yang sebenarnya. Yah, kita tahu orang-orang datang dari berbagai latar belakang dan pengalaman. Mungkin beberapa orang, karena pengalaman tertentu, sudah menganggap dan berkeyakinan suatu hal itu bagaimana seharusnya dibicarakan / ditanggapi.

Selection_028

Ada banyak komentar-komentar lain yang tentunya saking menariknya bisa-bisa saya jadikan postingan blog di sini terus menerus. Bagian HONY ❤ ini hanya untuk iklan halaman FB-nya saja; mungkin Anda akan tertarik dengan halaman keren ini! 🙂 Jangan lupa baca komentar-komentarnya (dan balasannya).

p.s. Saya tidak tahu apakah harus melakukan sensor terhadap nama-nama di screenshot ini. Apakah ada yang bisa memberikan masukan?

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s