IMC Team Selection Test 2012

Selesksi Tim Indonesia untuk International Mathematics Competition for University Students diadakan di Hotel Aston Primera Pasteur bulan Juli 2012. Seleksi ini diikuti oleh 25 peserta hasil seleksi ON MIPA PT 2012 yang sebelumnya diadakan di Surabaya.

Personally, saya agak kecewa dengan kegiatan tahun ini soalnya gak ada pembinaan, gak ada main-main bareng. Tahun ini tuh semuanya langsung tes dua kali dan langsung dipilih timnya. Ini kayak gaya-gaya seleksi Eropa timur sana ga sih? 😛 Terus, gak ada kenalan sama orang baru. Makannya pun berkelompok-kelompok. Gak enak banget.

Anyway, kemarin itu sebelum tes, ga jelas banget. Tesnya hari Senin kan ya. Kalo ga salah hari Senin jam 8 pagi itu ada deadline Tugas Kelompok Basis Data yang membuat saya bergadang ampe jam 4 pagi chatting ama orang di Depok sana ngomongin kodingan. Yah, sambil-sambilan nonton penyisihan Euro (padahal ga suka nonton bola). Oke, ga jelas banget.

Soal-soalnya dapat diunduh di link berikut:

Hari Pertama (last update: 7 july 2012)

Hari Kedua (last update: 7 july 2012)

Setelah tes hari pertama, saya langsung galau. Cuman bisa penuh satu soal, yang lain parsial. Entahlah, udah lama banget ga ngerjain soal secara intens. Terakhir yang saya ingat ya bulan Januari gitu, ke mana-mana bawa kertas. Siangnya tidur sampe sore. Malamnya, karena udah tidur sorenya, jadinya ga tidur lagi, nonton bola lagi. Tapi, tidurnya sedikit lebih cepat. Syukur-syukur besoknya lebih baik dari hari sebelumnya.

Pas pengumuman, perasaan gundah gulana. Soalnya saya juga butuh duit buat summer school *ditimpuk buku*. Tapi, di luar itu, kalau lulus ya Puji Tuhan, kalo ga lulus, mau gimana lagi. Oh iya, rangkaian seleksi ini semuanya menggunakan blind grading. Jadi, setiap peserta hanya menuliskan nomor tesnya di lembar jawaban. Mungkin ini kesannya naif ya, tapi sebenarnya baik juga. Sama halnya kalau kita mengunci rumah agar tidak dimaling. Kalau kata artikel yang saya baca di mana gitu, ada 1% orang yang memang ga bakal maling, dan memang ada 1% orang yang memang mau maling, dan sebenarnya rumah kita dikunci ga dikunci ya pasti ga pengaruh buat si 1% yang maling ini. Tapi kenapa kita tetap mengunci rumah? Yah, untuk mengaburkan 98% orang lainnya. Gitu deh, nyambung ga? *kabur*

 Jadilah hasil seleksinya sebagai berikut:

1. Made Tantrawan, Matematika UGM (2009)

     Orang Bali. Dulu teman sepelatihan IMO juga di Jogjakarta dan Malang. Wawan ini suka saya ejekin logat Balinya. Tapi akhir-akhir ini kayaknya logatnya udah agak berkurang. Sempat men-trigger seseorang di Tahap I IMO 2012 ini untuk menembak cewek yang merupakan peserta. *ups*

2. Ronald Widjojo, Teknik Tambang ITS (2010)

     Teman seperjuangan dari awal pembinaan. OSN-nya sama-sama 2008, IMO-nya sama-sama 2009 dan 2010. Tahun ini IMC-nya sama. Kenapa dia masuk Teknik Tambang, katanya karena pengen kaya. Oke.

3. Satria Stanza Pramayoga, Matematika ITS (2008)

     Yang mukanya paling tua. Umurnya juga paling tua. Ga jelas. Mungkin satu-satunya puing sepeninggalan alumni yang suka main DOTA. Sangat cinta Indonesia dan pendidikan. Cita-citanya menjadi guru sekolah.

4. Raja Oktovin Parhasian Damanik, Ilmu Komputer UI (2010)

     Orangnya lucu dan menjadi teman bagi semua orang. *dibakar* Masih berpikiran bahwa sebaiknya Fasilkom dan Departemen Matematika digabung.

5. Rizky Reza Fauzi, Matematika UI (2009)

      Kakak yang sangat bijak. Suka kritis terhadap pemerintahannya “pemerintah” dan pemerintahannya “organisasi mahasiswa”. Dulu teman sekamar (juga bareng Kak Agung) di pelatihan dan IMC. Ngomongin banyak hal mulai dari biologi sampai gosip. #eh

6. Bernard Immanuel, Matematika UI (2010)

     Teman chaaaat di Facebook. Tapi itu dulu haha. Chatnya tentang matematika terus. 😛 Oh ya, anaknya baik, aktif di kegiatan gereja loh. *menertawai diri sendiri*

7. Kistosil Fahim, Matematika ITS (2009)

      Baru kenal di ON MIPA di Surabaya kemaren. Topik omongan saya dengan dia hanya seputar soal sehabis tes. Hahaha.

8. Yohanes, Matematika UPH (2010)

      Baru kenal di seleksi IMC ini. “Teman sekamar”-nya Ronald Widjojo. Saya tebak anaknya suka dengerin lagu-lagu kayak saya juga.

Yah, demikianlah laporan informal dari saya mengenai IMC. Mohon doanya! 🙂

~Raja Oktovin

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s